Kenapa.Madu Berbusa ?

madu-berbusa
Kenapa Madu Berbusa ? Ini pertanyaan yang sering saya dapatkan dari para pemula di dunia permaduan. Jawabnya, karena kadar air yang tinggi. Menurut beberapa yang saya baca tentang Madu Asli, adanya busa dalam madu diakibatkan proses adanya enzim diatase dan fermentasi kadar gula dalam madu. Sehingga percampuran tersebut membuat madu sedikit bergas. Itu juga yang menyebabkan, manakala botol madu ditutup rapat, saat dibuka sering terdengar meletup, bahkan jika kadar air berlebihan madu bisa tumpah dan botol plastik menjadi menggelembung.

Karenanya janganlah anda khawatir jika madu sumbawa madu trigona yang anda temukan dalam keadaan sedikit berbusa. Bahkan yang perlu anda khawatirkan boleh jadi madu yang tidak berbusa adalah madu palsu. Namun demikian, tidak selalu madu itu berbusa, ada beberapa jenis madu yang pernah kami temukan tidak berbusa atau berbusa tapi sangat sedikit. Kemungkinan besar hal ini karena kadar air dalam madu yang sangat sedikit, dan menunjukkan kualitas madu itu sendiri, salah satunya madu asli dari Yaman atau timur tengah. 

Hanya saja, busa madu ini saat ini seringkali dimanfaatkan oleh para pengoplos madu untuk menipu konsumennya. Madu dicampur dengan zat yang bisa membuat busa dalam madu. Nah, hai-hatilah untuk hal ini, karena bisa jadi zat yang dicampurkan tersebut adalah zat berbahaya. 

Demikian sedikit artikel untuk menjawab pertanyaan banyak orang tentang Kenapa Madu Berbusa ? semoga bermanfaat.

0 Response to "Kenapa.Madu Berbusa ?"

Post a Comment