Cara Mengetahui Madu Asli

Selama ini kita tahu, Cara Mengetahui Madu Asli yang banyak beredar di Internet masih menggunakan cara-cara konvensional, belakangan kita tahu cara-cara seperti ini ternyata lebih banyak salahnya daripada benarnya dan bahkan tidak bisa dipertanggungjawabkan samasekali.

Terus, bagaimana cara membedakan madu asli dan campuran ? Kita tahu saat ini, karena semakin sadarnya akan manfaat madu asli, maka konsumen madu semakin banyak. Imbasnya, orang kemudian menjadikan  usaha madu sebagai ceruk bisnis yang sangat potensial. Sayangnya, seiring dengan itu, justru muncul produsen-produsen madu yang tidak kita ketahui darimana asal muasal madu tersebut.

Apalagi madu toko yang banyak sekali beredar saat ini, apakah itu madu asli atau palsu? Saya kira hampir mustahil mengecek semua merek madu yang ada di toko-toko saat ini, saya bilang hampir mustahil karena saking banyaknya.

Saya ambil salah satu contoh, silakan anda ke supermarket dan lihat berapa banyak merek madu disana, anda akan menemukan banyak jenis madu dengan label sama sama madu asli, bahkan label-label kelembagaan resmi seperti BP POM, MUI dan lain-lain sangat lengkap. Lalu coba anda buktikan di rumah dengan cara anda, kadang anda menemukan keragu-raguan setelah itu, kadang juga anda sedikit yakin itu madu asli karena semua sifat madu asli berhasil di tiru.

Lalu bagaimana cara yang paling pasti mengetahui madu asli dan campuran ini? Hanya ada satu cara yang umum diketahui oleh para penjual madu adalah Rasa. Rasa sulit bohong, minta tolong ke mereka untuk mencicipinya.

Cara Terbaik Mengetahui Madu Asli Menurut Saya

1. Langsung ke pengambil madunya, kalo itu madu hutan seperti apis dorsata, anda perlu pergi dengan para pemburunya langsung, dan itu membutuhkan perjuangan yang tidak main-main. Anda berhari-hari di hutan, mereka menginap anda harus ikut menginap, mereka tersesat anda ikut tersesat. Susah sekali. Kalo trigona mudah saja, langsung beli di peternaknya. Kami sendiri memiliki jarngan kelompok ternak leah trigona. Saya sendiri juga melihara di Rumah

2. Dengan mencicipinya. Agak susah menjelaskan ini, karena jika anda belum bergelut di bisnis madu, maka akan susah mencicipi beragam jenis madu yang dibawa di hadapan anda oleh para penjual.

Apakah Madu Asli di Kerubutin Semut??

Beberapa pengunjung wesite saya, sering mengajukan pertanyaam apakah Madu Asli memang di kerubutin semut? Saya katakan, semut memang suka madu, sulit untuk mengatakan madu asli tidak di hinggapi madu. Justru sebaliknya, jika ada madu yang tidak dihinggapi semut, boleh kita curiga itu bukan madu asli, karena tercampur dengan zat yang bisa saja memahayakan bagi semut sehingga mereka tidak suka. Soal madu tidak dihinggapi semut, Saya punya pengalaman dengan madu asli yaman, madu asli yaman kondisinya hitam dan kental. Sehingga walaupun madu bererubung tetapi tidak sampai memakan madu karena sulit memakannya sebab kekentalanya.


Apakah Uji Madu Asli dengan cottonbat yang menyala apakah benar?

Ada orang yang melakukan tes madu asli dengan mencelupkan cottonbat ke madu lalu cottonbat tersebut diakar, katanya kalo menyala berarti asli, kalo tidak menyala berarti palsu. Hmmm....cara ini juga saya anggap menyangsikan.  Dulu saya pernah percaya cara ini cukup akurat, tetapi setelah banyak jenis madu saya coba ternyata hamilnya relatif. Hampir semua madu bahkan yang sudah saya yakini palsu, tetap menghasilnya menyala. Dikesempatan lain, saya mencoba mencelupkan cootonbat di madu yang saya anggap asli, justru madu asli saya saya


Beberapa pengunjung web saya sangat percaya dan mengajarkan bahwa semut tidak suka madu murni dan tidak akan berkisar sekitar itu. Sulit untuk memahami atau percaya ini karena ada tampaknya tidak ada alasan mengapa semut harus mendukung gula diproses lebih madu dan semut tidak selalu "tersedia" di semua tempat untuk penilaian madu ("tidak ada semut diamati" mungkin tidak selalu berarti madu murni ). Alasan mengapa cairan manis lebih menarik daripada yang lain untuk semut juga bisa disebabkan faktor lain seperti kepadatan cair, rasa yang berbeda-beda tergantung pada jenis bunga. Tes lain yang biasa dibahas melalui internet adalah uji nyala yang melibatkan menerangi cotton bud dicelupkan ke dalam madu dengan nyala pertandingan-stick. Diyakini bahwa madu akan membakar jika itu murni. Saya telah mencoba metode ini berkali-kali menggunakan berbagai jenis madu, beberapa yang saya sangat yakin mereka madu murni (misalnya sarang lebah madu), tetapi hasil yang saya dapatkan tidak pernah konsisten, dan tampaknya sangat tergantung pada seberapa banyak madu dicelup dan berapa lama madu terkena api.

Ada cara sederhana lain yang saya telah mencoba untuk memverifikasi kemurnian madu: Perhatikan bagaimana cairan madu turun ke dalam segelas air. Madu murni tidak segera larut dalam air; Anda akan melihat bahwa dibutuhkan sedikit usaha untuk membangkitkan dalam air untuk membubarkan bit kental, sedangkan gula cenderung larut dalam jiggery karena Anda menjatuhkan mereka ke dalam air. Namun, hasil tes kadang-kadang tidak jelas karena varietas madu yang berbeda memiliki viskositas yang berbeda, ada yang lebih padat dan lebih tebal daripada yang lain, dan jelas madu dalam bentuk krim, bahkan jika itu dicampur dengan bahan lainnya, tidak akan larut semudah madu cair dalam air .

Disarankan bahwa orang-orang yang digunakan untuk mencicipi madu mungkin lebih mudah untuk mendeteksi adanya tambahan gula. Tapi terus terang, karena ada terlalu banyak varietas bunga dan campuran, dan jumlah pemalsuan mungkin tidak cukup untuk mempengaruhi rasa dan aroma madu, meskipun aku sering mengambil madu, saya masih belum 100% yakin tentang kecurigaan saya kadang-kadang.

0 Response to "Cara Mengetahui Madu Asli"

Post a Comment