Madu Sumbawa Asli Murah

madu-sumbawa-asli-murah
Ada tidak sih Madu Sumbawa Asli Murah Maksudnya, ada gak madu asli sumbawa yang harganya murah, benar-benar asli bukan oplosan atau bukan madu campuran apalagi madu palsu? hmmm

Pertanyaan ini sebetulnya kerap muncul mengingat banyak sekali para penjual madu yang menjual sangat murah dan anehnya selalu tersedia stok.

Tapi sebelum kesana baiknya saya ingin cerita gini aja...

Untuk diketahui, khusus madu sumbawa, proses pengambilan madu ke hutan sebetulnya tidak mudah, aseli sangat sulit. Petani atau pemburu madu harus meninggalkan sawah ladangnya selama berhari-hari untuk mencari madu ditengah hutan, bahkan rata-rata mereka menginap. Mereka meninggal anak isteri dan harus punya bekal. Dalam perburuan mereka sampai rata-rata 3-4 hari bahkan ada yang sampai seminggu mereka hanya dapatkan madu paling banyak 20-50 botol atau sekitar 70 liter. Itupun jika untung...pas sial bisa keluar hutan hanya membawa 2-3 botol saja....

Kira-kira tega kah kita akan membayar madu mereka  yang benar-benar asli itu dengan harga 100 ribu terus saya jual kepada anda dengan harga 200 ribu? Paling tidak kami akan membeli hasil keringat mereka dengan harga yang lebih mahal. dan setelah kami kemas kami jual di internet dengan harga yang pantas, kami tidak rugi dan petani juga untung.

Nah, di beberapa tempat, kami juga dapati para petani yang sudah di organisir oleh kelompok-kelompok tani madu hutan yang di kelola secara profesional. Di satu kelompok bisa terdapat 20 sampai 50 petani dan pemburu madu tergabung. Disitu mereka saling berdayakan dan menjual juga ke kami dengan harga yang jauh lebih murah dan standar harga yang masih menguntungkan buat mereka. Namun kadang kami juga tidak dapat, karena beberapa instansi sudah memberikan jaminan pemasaran kepada mereka sehingga banyak madu mereka yang langsung dibawa keluar dalam jumlah yang besar.

Kembali ke soal adakah Madu Sumbawa Asli Murah ?, maka akan terasa aneh bukan? coba difikir sendiri dah.

0 Response to "Madu Sumbawa Asli Murah"

Post a Comment