Mohon Maaf Keterlambatan Madu Sumbawa

madu-sumbawa
Sore ini saya mau curhat dikit soal ketidaknyamanan kami menggunakan layanan ekspedisi lokal untuk pengiriman Madu Sumbawa. 

Sebelumnya saya ingin cerita, untuk proses pengiriman madu sumbawa, dulunya saya mengguakan JNE, TIKI dan Pandu Logistik. Pengiriman lancar-lancar saja, tapi biayanya yang memang relatif mahal sementara banyak konsumen yang merasa enggan membayar ongkir dengan harga mahal seperti itu. Inilah yang membuat saya berfikir untuk mencari ekspedisi yang lebih murah (Ekspedisi Lokal)..

Tidak sekadar alasan harga yang lebih murah itu,  menggunakan ekspedisi lokal bagi saya juga adalah cara terbaik ikut serta memberdayakan antar komunitas bisnis teman-teman di lombok. Karena memang banyak teman-teman lokal yang membuka usaha ekspedisi.

Itu karenanya saya berupaya sebisa mungkin menggunakan ekspedisi lokal ini untuk pengiriman madu sumbawa. Dan jadilah, selama kurang lebih setahun ini saya istiqomah menggunakan layanan mereka untuk pengiriman madu asli sumbawa dan juga pengiriman oleh-oleh lombok yang lain.

Dalam perjalannannya, sekitar enam bulan yang saya sempat kecewa karena pengiriman saya ke Sulawesi dan Sumatera barat tidak sampai karena madu terlalu lama di jalan akhirnya meledak. Terpaksa saya mengembalikan uang konsumen saya. Saya merugi kala itu 1 jutaan lebih. Tapi hasil negosiasinya, mereka alhamdulillah mereka siap mengganti kerugian 50 persennya. Saya kala itu memaafkannya.  

2 pekan terakhir ini, kejadian yang sama lagi-lagi terjadi. Kali ini saya kecewa sekali dan ekspedisi lokal ini sudah tak bisa dimaafkan. Kiriman saya ke Jakarta, Bekasi dan Tanggerang tertunda sampai 1 minggu baru tiba ditangan konsumen.

Kejadian terulang, saya terpaksa mengembalikan 2 diantara 10 penerima kiriman madu sumbawa itu uangnya. Sementara 8 penerima lainnya, karena sudah lama berlangganan jadi mereka cukup mempercayai saya. Kejadian ini membuat saya berfikir ulang untuk mengguanakan ekspedisi lokal ini.

CEPAT dan TEPAT

Semua ekspedisi pasti menyanjung-nyanjung diri sebagai ekspedisi yang cepat. Tapi saya mau katakan, tak terkecuali ekspedisi yang nasional maupun lokal, sama-sama memiliki potensi error dan membuat kesalahan bisa saja terjadi kapan saja. 

Kejadian seperti ini sebenarnya sangat mengganggu dalam dunia bisnis online. Sebab, salah satu alasan utama orang melakukan pemesanan online karena butuh kecepatan dan kepercayaan. Maka ketika proses pengiriman terjadi seperti ini, yang dirugikan adalah saya dan konsumen saya tentu saja.

Karena itu, saya telah melayangkan surat agar ekspedisi lokal ini mengganti semua biaya yang sudah saya keluarkan untuk pengiriman ke 2 orang yang gagal kirim itu.  Ini penting supaya mereka jera. dan berbisnis secara fair.

Kasus ini membuat saya saat ini kembali menggunakan ekspedisi JNE dan TIKI walaupun dengan cost yang cukup mahal. []