Apakah madu asli berbusa ?

madu-asli
Apakah madu asli berbusa? ini pertanyaan yang saya terima kemarin dari konsumen baru madulombok.com. Perihal ini sebetulnya pernah saya ulas sedikit di artikel lama Cara Tes Madu Asli

Untuk diketahui, Madu berbusa diakibatkan kadar air madu yang terlalu tinggi. Pengalaman saya, Madu Sumbawa Asli yang kadar airnya sedikit tidak berbusa, kadang tetap berbusa tetapi sedikit.

Berapa kadar air madu yang normal? Normal kadar air madu menurut beberapa pakar madu yakni 20-25 persen. Lebih dari itu, madu tersebut boleh jadi adalah madu palsu karena bisa saja di campur.

Pengalaman saya, Madu Asli Sumbawa dengan kadar air 20%  hanya bisa ditemukan menjelang bulan 8, 9, 10 setiap tahun. Karena pada bulan-bulan itu biasanya daerah sumbawa dan lombok serta NTB pada umumnya masuk kemarau, musim panas.

Nah madu asli yang diambil diluar bulan-bulan itu biasanya kadar airnya cukup tinggi, tapi ini juga tergantung lokasi dan proses pengambilannya.

BACA JUGA :

Tips Membedakan Madu Asli Dengan Madu Palsu


Saya pernah temukan madu sumbawa di bulan-bulan itu ternyata memiliki kadar air tinggi, setelah saya perhatikan ternyata dipengauhi beberapa hal antara lain. Lokasi pengambilan madu yang memang sangat lembab dan langsung diterpa hujan, biasanya diambil dari ranting pohon tidak lebat. Madu asli yang kualitas terbaik dapat ditemukan biasanya di tebing-tebing dan pepohonan yang rindang dan tidak langsung di jatuhi air hujan.

Persoalan lainnya yang mengakibatkan kadar air madu meningkat adalah, proses pemerasan madu yang kurang baik. Misalnya, para pemburu madu ketika melakukan pemerasan madu asli, selalu membasuh tanggannya di air yang berisi ember.  Inilah yang berakibat fatal.


Hanya saja, pendapat salah yang mengatakan, madu asli harus berbusa  atau sebaliknya madu asli justru tidak berbusa. Kembali ke jawaban saya diatas itu semuanya tergantung kadar air madu.

Karena boleh jadi walaupun madu tidak berbusa, belum tentu itu memastikan madu itu asli. Justru ketika madu tidak berbusa, maka meragukan keasliannya. Begitupula madu yang terlalu banyak busanya apakah asli? boleh jadi palsu karena dicampur air, tapi sangat boleh jadi juga madu itu benar-benar asli hanya saja tempat dan proses pengambilannya berlangsung seperti yang saya ceritakan diatas.

Kesimpulan saya, terserah anda. Artikel ini saya tulis untuk menjawab konsumen saya yang bertanya kemarin tentang  Madu asli berbusa atau tidak? Semoga bermanfaat.

Untuk pemesanan Madu : 
Silakan menghubungi kami di sms/wa/telegram : 081936772005 atau Telkomsel : 082339993330, atau pin BB. D35415E0. 
Website partner kami :
www.trigonalombok.com
www.madusumbawa.com

Artikel Terkait : Ciri Ciri Madu Asli