Cara Mengetahui Madu Asli

Bagaimana cara mengetahui madu asli ? Sebuah pertanyaan klasik yang terhitung paling sering saya dapatkan selama ini, saya menulis artikel ini kembali guna menjawab secara lebih singkat saja

Gini mas, mbak, bpk, ibu pembaca blog saya.
Untuk pengetesan madu asli atau madu palsu, ada dua  cara yang kami percayai, berikut kami jelaskan secara singkat saja.
 
Pertama : Membedakan madu asli dan madu palsu bisa diketahui dari rasa manis yang dikandung madu. Manis madu asli bisa anda ketahui jika ketika anda minum madu rasa manisnya tidak 'menyengat' atau bahasa mudahnya, tidak melekat rasanya dilidah, tidak melekat rasanya di bibir dan juga di tenggorokan.

Perhatikan rasa madu asli saat mengkonsumsi, tenggorokan anda dan lidah anda tak ubahnya seperti saat mengkonsumsi makanan atau buah-buahan manis yang tidak bercampur gula. Rasa manisnya tidak melekat, langsung hilang begitu saja. Tidak samasekali berasa seperti kita mengkonsumsi Minuman Ale-Ale misalnya. Kerasa kan manisnya melekat...

Yang perlu diperhatikan juga, menurut pengalaman kami, para penjual madu oplosan seringkali mencampurkan madu mereka dengan gula aren, gula putih dan juga air tebu. Nah kalo kerasa mendekati tiga jenis barang manis ini....curigalah itu madu palsu.

Kedua : Coba anda tuangkan madu tersebut setengah botol saja. Jika benar-benar madu asli, maka anda akan melihat munculnya buih-buih madu yang amat kecil-kecil (bukan buih sabun ya...hehe ini bahasa saya saja, susah soalnya menjelaskan).

Buih-buih kecil tersebut akan terus menaik sendiri dan akan membuat madu menimbulkan sedikit busa dibagian atas dan akan hilang jika dibiarkan beberapa menit. Hal inilah yang menyebabkan madu asli tidak bisa langsung dituang begitu saja (langsung penuh) dalam satu botol karena pasti akan meluap dan jika botol ditutup dalam waktu lama akan menyebabkan tutup botol bisa-bisa terlepas karena tekanannya sangat keras dari dalam.
  
Kedua cara ini sebetulnya sudah kami tulis secara lengkap di artikel sebelumnya  tentang Cara Membedakan Madu Asli Dan Palsu. Anda bisa membacanya langsung disana

Bagaimana dengan cara lainnya, misal masukkan ke kulkas, tes korek api, tes dikerubutin semut dan lain-lain. Mohon maaf, kami tak cukup yakin dengan cara itu.

Tentang hal ini juga kami sudah tulis di artikel lama kami,Membedakan Madu Sumbawa Asli
Nah itulah dua hal yang bisa dilakukan sebagai cara mengetahui madu asli atau tidak asli. Semoga bermanfaat.[]