Apa Bedanya Madu Lombok dan Madu Sumbawa?

madu-sumbawa
Apa beda Madu Sumbawa dengan Madu Lombok ? Hmmm... ini banyak sekali ditanyakan para pembeli madu dikami. Hmmm...saya jawab dl ya...

Perbedaan Madu Lombok dan Sumbawa lebih karena perbedaan wilayah pengambilan madunya saja. Madu Sumbawa selama ini sangat identik dengan Apis Dorsata sementara madu Lombok identik dengan madu serana (cerana) dan Madu Trigona. Hal tersebut dikarenakan Sumbawa dikenal memiliki hutan yang sangat luas, sehingga apis dorsata mendominasi. Namun begitu, bukan berarti di lombok Tidak ada apis dorsata, tetap ada. Hanya saja memang kuantitasnya tidak sebanyak di Sumbawa.

Khususya di beberapa kawasan misal, Lombok Utara dan Lombok Tengah saat ini sedang dikembangkan madu trigona dan madu apis serana (cerana). Madu Trigona adalah jenis lebah propolis yang dilombok di sebut dengan keledan. Lebah ini relatif lebih kecil dibandingkan jenis lebah lainnya, bahkan boleh dikatakan lebah yang tak bersengat, karena walaupun menyengat tapi tak sebesar sengat lebah biasa.

Begitupun dari segi rasa, Rasa madu trigona rata-rata lebih asam ketimbang madu cerana atau madu apis dorsata. Entahlah apa yang membuatnya lebih asam seperti itu, namun beberapa pakar madu mengatakan di beberapa artikel, kadar keasaman inlah yang membuat madu trigona lebih hebat dalam proses penyembuhan daripada madu jenis lainnya.

Sementara  Madu Apis Cerana / Serana adalah madu lokal yang juga disebut madulani atau bahasa orang lombok tengah Kenyeruh. Madu serana sekarang banyak yang mulai di kembangkan di Lombok Utara. 

Yah demikian sedikit penjelasan tentang Apa Bedanya Madu Lombok dan Madu Sumbawa? semoga terjawab. Terimakasih

0 Response to "Apa Bedanya Madu Lombok dan Madu Sumbawa?"

Post a Comment