Madu Alam Asli Sumbawa

Disamping kaya tambang, Sumbawa juga memiliki hutan perawan, hutan-hutan ini menghasilkan berbagai macam produk beberapa diantaranya Kayu, Rotan dan Madu. Madu Alam Asli Sumbawa diperoleh selama ini dengan cara berburu, mengingat lebah hutan yang dikenal dengan istilah Apis Dorsata sangat sulit diternak, bahkan tidak bisa samasekali.

Para Petani Madu Sumbawa kebanyakan berburu dengan cara tradisional. tetapi terdapat pula yang sudah membentuk asosiasi seperti yang tergabung dalam Jaringan Madu Hutan Sumbawa atau JMHS.

Jika membandingkan kualitas Madu antara madu yang dihasilkan para petani dan pemburu konvesional dan petani atau pemburu madu yang tergabung dalam asosiasi selama ini tidak terlalu banyak perbedaan, hanya di sistem Tiris dan Peras yang berbeda,

Hanya saja, ditingkat kepercayaan konsumen, madu yang dihasilkan melalui petani dan pemburu madu yang sudah tergabung dalam asosiasi biasanya lebih di percaya keasliannya. Juga karena mereka memiliki standar pemerasan dan standar mutu yang terjamin.

Sementara pemburu madu konvensional kerapkali tidak sesuai dengan kualitas yang diharapkan konsumen.

Itulah sedikit rahasia tentang Madu Alam Asli Sumbawa. Semoga bermanfaat