Madu Hitam Lombok , apakah Madu Asli ?

madu-hitam-lombok
Kali ini mau sedikit tulis soal Madu Hitam Khas Lombok, ada apa tidak madu jenis ini?. Soalnya beberapa waktu lalu seorang konsumen saya yang sudah bolak-balik pesan madu disaya ngotot dicarikan madu hitam karena ada temannya yang katanya pernah ke Lombok dan membeli madu hitam seperti ini di salah satu toko oleh-oleh di Mataram.

Karena penasaran, sayapun mencarinya di toko yang gak mau saya sebutkan namanya itu, setelah beli dengan harga cukup mahal 320 ribu, saya tes sampai rumah.Dari rasanya yang agak-agak pahit, saya curiga sepertinya ini bukan madu. Saya mengkonsultasikan pada temen-temen sesama penjual madu apakah ini madu atau bukan? saya tak menemukan  jawaban.

Saya tes sendiri dengan cara-cara yang selama ini saya percaya tentang cara tes madu asli. Dan sayapun belum temukan jawabannya. Dari ciri-cirinya sih, saya berkesimpulan ini bukan madu tapi dibuat dari gula atau apalah.

Adakah Madu Hitam di Lombok

Saya ingin beritahu anda, Lombok sebenarnya bukan penghasil madu, daerah ini jarang ada pemburu madu, hanya beberapa tempat saja, seperti di daerah lombok utara dan lombok timur yang masih banyak hutannya. Hal ini perlu saya tegaskan mengingat blog saya namanya domainnya madulombok.com tapi yang kami jual selain madu lombok juga mayoritas jualan kami adalah Madu Sumbawa.


Daerah penghasil madu utama di NTB itu hanya di daerah Sumbawa, itupun sumbawanya gak di semua tempat, juga ada sebagian di Dompu. Di lombok yang banyak saat ini adalah madu ternak jenis Apis Cerena dan Apis Melifera. Bukan madu hutan apis Dorsata seperti yang banyak di hasilkan di hutan-hutan seumbawa.

Jadi kembali lagi soal madu hitam lombok, terus terang kami belum pernah menemukannya selama ini, mohon kami di kasi tau informasinya jika anda memilikinya.Oke hanya itu curhat sore ini semoga bermanfaat