Manfaat Madu Sebagai Menu Berbuka

manfaat-madu
Photo : http://cheng1979.files.wordpress.com
Sebelum berbagi tentang Manfaat madu sebagai menu berbuka saya teringat sebuah hadist Nabi yang menganjurkan kita berbuka dengan Tamr atau Buah Kurma. Beliau bersabda :
 
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّىَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ

Taqiyuddin Al Hushni di kitabnya Kifayatul Akhyar mengatakan, apabila tak ada Kurma, maka gantilah menu berbuka dengan yang serupa kurma dalam hal rasa manisnya bisa dengan buah-buahan yang berasa manis atau bisa juga dengan Madu.

Sepakat dengan Taqiyuddin Al Husni, para dokter juga menganjurkan kita berbuka dengan yang manis-manis seperti madu asli misalnya terutama jika tidak terdapat buah kurma.

Disebuah blog saya baca, madu khususnya madu asli mengandung banyak phytochemical dan flavonoid yang sangat baik untuk fitalitas. Meng Konsumsi Madu saat berbuka dapat mensuplay energi dan sebagai anti bakteri dalam tubuh yang membuat stamina seseorang sangat kuat pada siang harinya, sehingga ibadah puasa tidak terganggu.

Karena itu, berbuka dengan madu juga seperti halnya buah kurma yang memberikan suplai kadar zat gula yang besar bagi tubuh.

Manfaat madu lainnya bagi seseorang yang sedang berpuasa adalah, bisa membuat stabil saat kosongnya lambung dan usus dari makanan karena zat gula yang terdapat dalam kandungan madu akan dengan cepat diserap tubuh saat mengkonsumsinya.

Saya kira masih cukup banyak manfaat madu sebagai menu berbuka, silakan anda searching lah di Internet. Semoga artikel ini ada manfaatnya.