Cara Menandai Madu Murni

Sebagai penjual madu, saya kerapkali ditanya calon konsumen bagaimana cara menandai madu murni atau tidak.

Sebelum anda membaca lebih lanjut silakan anda baca dlu artikel saya sebelumbya berjudul Cara Mengetahui Madu Asli.

Berikut adalah sedikit ulasan saya madu murni, semoga bisa sedikit membantu.

Cara pertama mengetahui ciri ciri madu murni adalah, anda menemukan sedikit gas yang biasanya membuat madu bila ditutup terlalu lama akan mengakibatkan letupan pada tutup botol atau jerigen. Gas yang terdapat dalam kandungan madu murni samasekali tidak berbahaya. Namun saat ini, anda akan banyak menemukan madu palsu juga memiliki gas yang serupa karena di campur soda atau sejenisnya. Karena itu hati-hatilah.

Cara kedua mengetahui ciri madu asli murni adalah dengan mencicipinya langsung dan merasakan di tenggorokan. Rasa manis madu murni tidak sama dengan rasa manis pada gula. Rasa madu murni orisinal, dan tidak membuat tenggorokan teras pekak. Persis rasanya seperti kita makan makanan atau buah yang manis.

Cara ketiga meng tes madu murni dengan menaruhnya di dalam freezer selama kurang lebih 2 jam saja. Jika madu murni tersebut membeku maka bisa dikatakan madu tersebut tidak asli karena kandungan airnya sangat banyak. Tetapi anda juga perlu mengetahui bahwa kadar air dalam madu kerapkali berbeda-beda, tergantung pada musim petik madu.

Cara ketiga mengetahui ciri madu murni adalah dengan mengetahui harga madu murni. Jangan anda tertipu dengan harga madu murni yang murah meriah. Madu Murni kisaran harganya antara 125-170 ribu perbotol. Dan 1 Kilo 250-300 ribu. Jika harga madu murni anda dibawah itu, sangat meragukan keasliannya.

Ada banyak manfaat madu murni beberapa diantaranya bisa anda baca disini. Para pen jual madu murni biasanya tidak menyediakan madu dalam stok yang banyak. Karena madu murni susah di  cari, jikapun ada, kadang hanya bisa di punyai para pengumpul madu langung atau para distributor yang langsung bersentuhan dengan para petani madu.

Ya itu sedikit jawaban dari pertanyaan para calon konsumen madu lombok tentang Cara Menandai Madu Murni. Semoga saja ada manfaatnya.