Ingin Bisnis Madu? Pilihlah Madu Sumbawa

Bagi anda yang sedang ingin mencoba bisnis madu, ada baiknya anda memilih madu Sumbawa. Madu Sumbawa menawarkan sensasi rasa dan manfaat yang lebih kaya dibandingkan dengan jenis madu lain di Indonesia.

Beberapa hal yang membuat madu sumbawa lebih unggul dibandingkan madu jenis lainnya, antara lain karena Budidaya madu di Sumbawa menjadi kegiatan sehari-hari masyarakat, terutama bagi mereka yang berada di kawasan hutan seperti di Desa Batudulang Sumbawa.

Warga batudulang membudidayakan lebah madu sejak 20 tahun silam. Mereka tidak melakukan ternakan, tetapi madu hutan yang super liar yang mereka pelihara.

Ada memang beberapa warga yang membudidayakan lebah madu karena mendapatkan bantuan dari CSR BNI, namun tentu saja tidak semua masyarakat mendapatkannya. Sehingga berburu madu di hutan masih menjadi kegemaran masyarakat dan pemuda di daerah itu.

Selain itu, pemerintah memberikan pelatihan dan pendidikan bagaimana mengelola hutan berbasis masyarakat. Memelihara kualitas hutan sekaligus flora dan fauna di dalamnya.

Tak ayal, pemerintah Kabupaten Sumbawa bahkan membentuk subdin khusus di dinas kehutanan yang menggarap hasil hutan salah satunya madu Sumbawa.

Nah, karena itulah, madu Sumbawa bahkan telah menjadi branding madu asli Nasional dan terkenal dengan khasiatnya. Ditengah sulitnya mendapatkan Madu asli, kabupaten Sumbawa mampu menggerakkan warganya dengan manajemen hutan yang baik. Sehingga produksi madu tetap asli dan kuantitasnya tetap banyak.

Banyak Jenis madu di Indonesia, tapi hanya madu Sumbawa yang berproduksi dalam skala yang cukup besar. Sekali lagi, kuantitas Madu yang banyak akan mengurangi kepercayaan kita dalam membeli madu asli. Karena sebetulnya madu asli jarang yang bisa berproduksi dalam jumlah banyak.

Karena itu kami merekomendasikan anda, jika ingin membuka peluang bisnis madu pilihalah madu sumbawa.[]