Madu Trigona Lombok Tembus Pasar Malaysia

Madu-lombok-ke-malaysia
Berkat gencarnya promosi yang dilakukan para petani madu Kabupaten Lombok Utara bekerjasama dengan Madulombok.Com, pemasaran Madu Trigona Lombok saat ini semakin meluas. Jenis madu yang cukup langka ini semakin bahkan terjual hingga negeri Jiran Malaysia.

Hal tersebut dikatakan Lukman Al Hakim, ketua Kelompok Tani Trigona dari Lombok Utara. Dikatakan Lukman, walaupun dalam jumlah yang tidak terlalu banyak, hanya 50 kilogram, tetapi madu trigona lombok ternyata juga diminati oleh masyarakat di Malaysia.

"Kami baru kirim sedikit 50 kilogram Madu Trigona sebagai percobaan, insya allah akan lebih banyak untuk pemesanan selanjutnya" Ujar Lukman.

Ia menambahkan, berhasilnya pemasaran Madu Trigona Lombok hingga ke Malaysia ini tidak lepas dari peran Madulombok.com yang aktif berpromosi di Interner.

"Kalo kami tidak bisa samasekali berinternet, madulombok.com yang membantu kami, itu pak Ahmad Jumaili" jelas Lukman.

Selain Madu Trigona, madu jenis madu apis dorsata dan cerana juga dipesan, hanya saja, ketersediaan stok yang membuat pengiriman hingga saat ini terkendala.

"Untuk dua jenis madu itu memang belum musim, jadi kami meminta mereka menunggu" Tambahnya.

Untuk menyuplay dan menjamin ketersediaan Madu Trigona, Lukman bersama kelompoknya membuat proyek 10.000 Stub Lebah Trigona dan 1000 stub untuk madu Cerana. Sementara Madu apis Dorsata tidak ketersediaannya tidak bisa di proyeksi, karena Lebah Apis Dorsata tidak bisa di lokalisir seperti dua jenis madu lainnya.

"Madu Apis Dorsata, kita masih tergantung alam, jika cuaca bagus, dan tidak ada masalah dengan Rinjani, insya allah tetap ada" ungkapnya.

Lukman Berharap, upaya kerjasama semua pihak termasuk dengan Madulombok.com terus ditingkatkan. Karena usaha madu ini sudah menjadi salah satu yang sangat membantu petani menambah penghasilannya selain bertani di sawah. "Kami sangat mengharapkan keberlanjutan kerjasama ini" Pungkasnya.


0 Response to "Madu Trigona Lombok Tembus Pasar Malaysia"

Post a Comment