Tips Membedakan Madu Asli Dengan Madu Palsu

tes-madu-asli
Madu adalah cairan seperti sirup namun lebih kental dan memiliki rasa yang sangat manis. Madu dihasilkan lebah dari proses pengambilan nectar bunga untuk makanannya. Lebah madu akan mengambil nectar pada Bungan dan kembali menuju sarangnya. Di dalam sarang tersebut nectar akan dikeluarkan dari kantung madu dan dikerjakan bersama lebah lainnya dan akan ditempatkan di sel dan akan difermentasi.Madu adalah salah satu produk hewan yang sangat unik.

Meskipun Madu Asli memiliki rasa yang sangat manis, namun madu sangat aman bagi kesehatan manusia jika dikonsumsi. Bukan hanya aman namun madu juga sangat berkhasiat bagi kesehatan. Oleh karena itu madu sering dimanfaatkan untuk kesehatan manusia dengan cara diminum secara langsung atau dijadikan campuran untuk obat - obatan maupun jamu.

Karena tingkat kesulitan dalam mendapatkan madu, harga madu memang terbilang cukup mahal. Harga yang mahal tersebut sering dimanfaatkan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab untuk meraup keuntungan sebanyak – banyaknya. Biasa mereka membuat madu imitasi dengan menggunakan gula dan beberapa campuran lainnya dan ditambah dengan sedikit madu agar aromanya sama. tentu saja madu imitasi tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan. Alih – alih sehat, anda dapat terkenya penyakit seperti diabetes jika mengkonsumsi madu ini. Untuk menghindari hal tersebut sangat penting jika anda mampu membedakan madu asli dan yang palsu. Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan diberikan beberapa tips untuk membedakan madu asli dan madu imitasi. Berikut tips – tipsnya.

Tes Madu Asli dan Madu Palsu dengan Cara Membakar madu

Cara pertama ini memang terdengar cukup ekstreem namun dengan cara ini anda dapat mengetahui keaslian madu tersebut. Yang perlu anda lakukan andalah menyiapkan sendok, lilin dan tentunya madu. Taruh madu ke dalam sendok dan bakar di atas lilin yang telah dinyalakan. Tunggulah hingga mendidih dan perhatikan apa yang terjadi.
  • Ciri Pertama : Jika madu asli, madu tersebut akan mendidih sampai busanya tumpah keluar sendok dalam jumlah banyak, namun jika madu itu palsu, busanya akan meluber sedikit saja.
  • Ciri Kedua : Setelah dibakar, coba biarkan madu didalam sendok sampai madu dalam keadaan dingin. Dan perhatikan perbedaannya. Madu Asli, jika anda aduk terus menerus akan membentuk benang-benang putus yang lembut. Tetapi Madu Palsu biasanya akan membentuk benang keras yang mudah patah.
Nah cara menguji madu asli yang pertama ini termasuk cara yang paling sahih menurut kami, karena, Karakter madu palsu yang biasanya dicampur gula akan tampak nyata perbedaannya.

Nah, melihat cara-cara konvensional dalam pengetesan madu asli selama ini, ada beberapa hal yang kurang tepat, bahkan ada yang menganggapnya mitos belaka. Pengetesan konvensional ini hanya terbatas pada bagaimana kandungan kadar air dalam madu.

Menguji Madu Asli dengan kertas Tisue
Ini memang bisa untuk pengetesan kualitas kadar air madu, bukan kualitas keaslian madu. Siapkan media kertas. Caranya cukup mudah, anda tinggal meneteskan madu pada secarik kertas tersebut. Jika madu tersebut asli, maka kertas tersebut tidak akan tembus oleh cairan madu, tidak akan mudah di sobek. Namun jika madu tersebut palsu, maka madu akan tembus dan kertas tadi akan mudah robek karena madu palsu akan merembes ke dalam kertas.

Menguji madu Asli dengan batang korek api
Menguji keaslian madu dengan korek api termasuk hal yang unik, tapi ini sebetulnya masih kaitannya dengan kadar air madu. Ambilah sedikit madu lalu celupkan batang korek api ke dalamnya. Jka madu tersebut asli, maka korek yang anda celupkan tadi akan tetap menyala apabila dinyalakan meskipun batang korek tersebut basah. Namun jika madu tersebut palsu, maka korek api tersebut tidak dapat menyala.

Mengecek Madu Asli menggunakan air
Anda cukup memasukan setetes madu ke dalam satu gelas air putih. jika madu asli maka madu tersebut akan langsung tenggelam menuju dasar dan tidak akan bercampur dengan air tersebut.

Masukan Madu Asli Kedalam kulkas
Coba masukan madu yang anda beli ke dalam kulkas. Jika madu tersebut membeku maka madu tersebut palsu. Namun jika madu yang anda masukan tidak membeku maka dapat dipastikan jika madu tersebut adalah madu asli.

Itulah beberapa tips yang dapat anda gunakan untuk mengetahui keaslian madu yang anda beli. Tetap waspada dengan madu yang memiliki harga terlalu murah karena biasanya madu dengan harga murah merupakan madu yang palsu. Namun anda tetap harus waspada dengan madu yang beredar di pasaran. Pastikan madu yang anda beli asli sehingga akan membuat anda tetap sehat.

Untuk pemesanan Madu : 
Silakan menghubungi kami di sms/wa/telegram : 081936772005 atau Telkomsel : 082339993330, atau pin BB. D35415E0. 
Website partner kami :
www.trigonalombok.com
www.madusumbawa.com

0 Response to "Tips Membedakan Madu Asli Dengan Madu Palsu"

Post a Comment