Inilah 20 Fakta Luar Biasa Dari Lebah Madu

fakta-lebah-madu-picture
Saya baru saja membaca sebuah artikel menarik di benefit of honey tentang 20 Fakta Menakjubkan Tentang Lebah. Tulisan ini mengulas secara singkat fakta-fakta lebah mad yang jarang diketahui orang banyak.
Yuk kita simak.

1. Lebah Madu ternyata telah ada dunia ini selama jutaan tahun silam, dan tidak pernah mengalami metamorphosis seperti makhluk-makhluk Allah lainnya.

2. Madu lebah secara ilmiah juga dikenal sebagai Apis mellifera yang artinya "Makhluk yang membawa berkah", Ia ditugaskan tuhan sebagai tukang serbuk bagi jenis tumbuhan di muka bumi.

3. Lebah madu adalah satu-satunya serangga yang sangat penting bagi proses tumbuhnya berbagai tumbuhan yang dimakan manusia.

4. Lebah madu menghasilkan Madu yang merupakan satu-satunya makanan yang mengandung hamper semua zat penting yang diperlukan tubuh seperti enzim, vitamin, mineral, dan air, dan satu-satunya makanan yang mengandung "pinocembrin", antioksidan berfungsi memaksimalkan fungsi otak.

5. Lebah madu memiliki 6 kaki, 2 mata dan ribuan lensa kecil (terdapat satu lensa di setiap sisi kepala), 3 mata sederhana di bagian atas kepala, 2 pasang sayap, kantong nektar, dan perut.

fakta-lebah-madu-picture
6. Lebah madu memiliki 170 alas peresap bau atau system reseptor sementara lalat hanya 62 reseptor dan nyamuk 79 reseptor. Sehingga lebah madu memiliki penciuman yang luar biasa tajam. Mereka akan mengenali setiap keluarga mereka dalam jarak mi, menggabungkan diri dalam koloni dan kemampuannya mencari makanan. Alat inilah yang membuat penciuman mereka sangat kuat dan tepat, bisa membedakan ratusan varietas bunga yang berbeda.

7. Kepakan sayap lebah sangat cepat, ada yang pernah meneliti sekitar 200 kepak per detik, inilah yang membuat seekor lebah madu dapat terbang hingga 6 mil jauhnya, dan secepat 15 mil per jam.

8. Rata-rata lebah pekerja menghasilkan sekitar 1 sendok sendok teh Madu selama 12 tahun dia hidup.

9. Seekor lebah akan terbang sepanjang 90.000 mil, setara dengan tiga orbit mengelilingi bumi untuk mengumpulkan 1 kg madu.

10. Dibutuhkan satu ons madu sebagai makanan tambahan atau semacam bahan bakar mereka terbang mencari makan di seluruh dunia.

fakta-lebah-madu-custom-image
11. Seekor lebah madu rata-rata menghinggapi 50 sampai 100 jenis virietas bunga selama hidupnya, dan itu dia koleksi betul

12. Otak lebah tersusun oval dan sangat kecil, namun tahukah anda, otak itu menyimpan memiliki kapasitas yang luar biasa untuk belajar, mengingat dan membuat perhitungan yang kompleks terutama dalam menganalisis efisiensi jarak sumber makanan.

13.Sebuah koloni lebah terdiri dari 20,000-60,000 lebah madu dan satu Ratu. Madu lebah pekerja adalah perempuan, hidup selama sekitar 6 minggu dan selama 6 minggu itu ia tuntaskan semua pekerjaannya.

14. Ratu lebah bisa hidup sampai 5 tahun dan bertugas mengisi sarang dengan telur. Dia paling sibuk kalau sudah tiba musim panas, karena sarang mereka kekuatan maksimum menahan iklim, dan meletakkan hamper 2500 telur per hari. Ratu lebahlah yang memiliki tugas mengatur apakah lebah-lebah akan bertelur laki-laki atau perempuan. Jika dia menggunakan sperma disimpan untuk membuahi sel telur, larva yang menetas adalah perempuan. Jika telur tidak dibuahi dibiarkan, larva yang menetas adalah laki-laki. Dengan kata lain, lebah betina mewarisi gen dari ibu mereka dan ayah mereka, sementara laki-laki mewarisi lebah hanya gen dari ibu mereka.

15. Lebah jantan memiliki ukuran lebih besar dari lebah pekerja, lebah madu jantan ini juga disebut drone. Mereka tidak memiliki sengat dan tidak memiliki pekerjaan sama sekali. Tugas mereka hanya kawin. Sehingga disaat musim dingin, ketika makanan mulai langka, lebah madu betina akan memaksa lebah jantan keluar sarang mencari makanan.

16. Setiap koloni lebah madu memiliki bau yang unik sehingga masing-masing koloni dapat mengenali anggotanya dengan mudah.

fakta-lebah-madu-image
17. Hanya lebah pekerja yang memiliki menyengat, dan hanya mereka saja yang bisasanya merasa terancam ketika diganggu. Lebah pekerja ini biasanya akan mati setelah menyengat. Ratu lebah memang memiliki sengat juga, tapi mereka ratu lebah tidak akan meninggalkan sarang melainkan berusaha sebagai satu-satunya yang akan bertahan.

18. Lebah Madu berbicara satu sama lain dengan cara menari. Makanya ada istilah "The Awesome Honeybee Dance".

19. Ketika musim dingin, lebah madu memakan madu mereka yang dikumpulkannya selama berbulan-bulan di musim panas. Mereka membentuk cluster ketat dalam sarang mereka untuk menjaga ratu dan diri mereka sendiri hangat.

Terkait dengan 20 Fakta Luar Biasa Dari Lebah Madu ini website itu juga menulis "Jika lebah menghilang dari permukaan bumi, manusia hanya akan memiliki tidak lebih dari empat tahun sisa hidupnya" ~ Albert Einstein

0 Response to "Inilah 20 Fakta Luar Biasa Dari Lebah Madu"

Post a Comment