Ciri Madu Asli, Membedakan Madu Asli dan Palsu

Ciri Madu Asli

Selamat malam semua, kali ini madulombok.com mau sedikit mengulas tentang bagaimana mengetahui ciri madu asli dengan mudah tanpa harus melakukan pemeriksaan di Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Cara mengetahui ciri madu asli ini sebenarnya pernah kami ulas di artikel-artikel sebelumnya misalnya di artikel


Ciri2 Madu Asli  
atau artikel ini
Apakah madu asli berbusa? 
dan 
Tips Membedakan Madu Asli dan Campuran 
bahkan ada 1 video yang sudah kami upload tentang ini di
Video Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu
 
Tapi seiring waktu, beberapa tips membedakan madu asli tadi oleh banyak pemalsu madu dijadikan ilmu baru untuk mendesain produk mereka sehingga sulit dikenali apakah madu mereka asli atau palsu.

Okeh langsung saja.

Ciri Madu Asli dilihat dari banyaknya

ciri2-madu-asli
Curigalah anda, jika ada orang yang menjual madu asli dalam jumlah yang sangat banyak. Karena pada kenyataannya, produksi madu rata-rata hanya 1 tahun sekali, paling cepat 6 bulan sekali.
Hal ini tentu anda bisa mengetahui secara gamblang dengan mengira-ngira produksi madu yang ada dan berapa sarang yang mereka punya (Khusus madu ternakan seperti madu cerana, Madu Trigona atau Madu Klanceng serta madu jenis Melifera).

Tetapi untuk madu Apis Dorsata, memang terkadang produksinya sangat banyak. Anda bisa lihat sendiri bagaimana bentuk saranya yang sangat besar dan jumlahnya cukup banyak terutama di hutanhutan tropis yang masih terjaga seperti Pulau Sumbawa dan Lombok.

Namun khusus Apis ini, cara mengenalinya, anda perlu menanyakan kepada penjual, darimana mereka peroleh madu tersebut dan bagaimana cara memperolehnya.

ciri-ciri-madu-asli
Saya contohkan madu Hutan (Apis Dorsata) Sumbawa, saat ini para petani dan pemburu Madu Sumbawa memang sengaja di berdayakan oleh beberapa lembaga pemerintah dan perbangkan. Mereka di bentukkan kelompok-kelompok petani dan pemburu madu yang setiap hari dikumpulkan melalui koperasi binaan.

Tentu membeli di tempat seperti ini, walaupun dalam jumlah besar tidak mengkhawatirkan sebab, mereka secara terorganisir mencari madu dijadikan sebagai rutinitas.

Ciri Madu Asli Dari Segi Mutu Atau Kadar Air 

ciri-ciri-madu-asli
Untuk anda ketahui, kadar air madu asli yang normal (bukan musim penghujan) menurut beberapa ahli adalah pada kisaran 18 - 20 persen. Kekentalan madu asli bisa diukur dengan cara seperti yang pernah kami ulas di video Cara Membedakan Madu Asli dan Madu Palsu atau dengan langsung menuangkan madu di gelas berisi air seperti di ulasan artikel2 Ciri Madu Asli

Tapi ada lho alat yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar air madu secara drastis seperti Evaporator Vakum, alat ini bisa mengurangi kadar air madu dengan mudah. Karena itu, lihat kadar airnya secara wajar. Sehingga anda tidak dibohongi.

cara-membedakan-madu-asli-atau-palsu
Semua Ciri Madu Asli yang lain insya allah terus akan kami update, ini dulu ya semoga bermanfaat, capek nulisnya hehe. Silakan anda menambahkan di kolom komentar Terimakasih

Untuk pemesanan Madu : 
Silakan menghubungi kami di sms/wa/telegram : 081936772005 atau Telkomsel : 082339993330, atau pin BB. D35415E0. 
Website partner kami :
www.trigonalombok.com
www.madusumbawa.com

0 Response to "Ciri Madu Asli, Membedakan Madu Asli dan Palsu"

Post a Comment