Cara Tes Madu Asli

Madu-AsliCara Tes madu asli itu memiliki kesulitan tersendiri, terutama ketika ada orang yang menawarkan madu ke kita dan kita justru bingung cara mengetes keaslian madu tersebut sehingga kita tidak di bohongi.

Satu hal yang yang memang menjadi masalah selama ini adalah, belum adanya kriteria khusus untuk mengetahui secara pasti tentang ciri2 madu asli.

Ada banyak cara untuk mengetes madu asli, Anda bisa mem browsingnya di internet. Hanya saja yang perlu anda tahu ternyata tidak ada cara yang paten untuk melakukan tes madu asli ini.

Bagi kami untuk menguji keaslian madu ada dua cara yang umum digunakan pertama adalah dengan pengetesan Madu Secara Modern dan Pengetesan Madu Secara Tradisional.
Tes Madu Asli Secara Modern 

Ada dua hal yang bisa diketahui dalam pengetesan madu asli secara modern ini, pertama adalah tes kadar gula madu dan kedua tes kadar air madu. 

Khusus untuk melakukan tes kadar air madu biasanya saya menggunakan Refractometer. seperti gambar dibawah ini. Tapi susahnya, madu asli tidak bisa dibuktikan dengan kadar airnya banyak atau tidak. Karena terkadang ada orang yang melakukan pemerasan madu dengan sebentar-benatr dia basuh tangannya sehingga mau tidak mau madu bercampur dengan air.

Untuk mengukur kadar gula atau kadar manis yang dikandung madu , biasanya kami gunakan Refractometer Digital juga. Namun pengetesan dengan dua cara ini juga belum bisa menentukan kadar keaslian madu. Kita harus punya kesimpulan sendiri.

Selain diua cara ilmiah diatas ada banyak cara lain yang sudah menjadi mitos untuk mengetes madu asli. Seperti dimasukkan ke Preezer, diketrubungi semut, di bakar menggunakan sendok, atau juga di tuang diatas kertas tipis. 

Tapi semua itu saya yakin tak akan mampu membuktikan apakah madu itu asli atau bukan, karena terkait dengan kondisi yang berbeda-beda antara satu jenis madu dengan madu asli jenis lainnya. 
Tapi terus terang saja, baik menggunakan alat modern apalagi alat tradisional. Saya belum yakin terhadap keaslian madu sebelum madu tersebut saya bauinya dan merasakannya langsung Karena rasa tak pernah bohong. 

Soo....untuk mendapatkan khasiat madu asli, anda perlu berhati-hati dalam memilih madu. Harga madu asli yang relatif lebih mahal dari madu palsu tentu juga menjadi pertimbanan ketika ada orang yang menawarkan madu asli dengan harga murah. 

Ya demikian sedikit tentang Cara Tes Madu Asli Baik secara modern maupun tradisional. Semoga bermanfaat