Manfaat Madu Propolis

Manfaat_madu_propolis
Sore ini admin madulombok.com mau share dikit tentang manfaat propolis madu atau madu propolis untuk kesehatan. Apa perbedaan madu dengan propolis yang terkandung dalam madu? Nah, ini yang mau saya share karena ebanyakan pengetahuan kita lebah, bahwa lebah hanya menghasilkan madu, tapi ternyata lebah juga menghasilkan propolis.

Madu banyak digunakan hanya untuk konsumsi, tapi untuk pengobatan, yang digunakan adalah propolis. Apa itu propolis atau yang sering disebut dengan madu propolis? Propolis adalah zat kandungan madu yang diambil oleh lebah dari bunga dan tumbuhan atau pucuk daun muda atau kulit-kulit pepohonan seperti pohon poplar yang kemudian bercampur dengan air liur lebah.

Biasanya, propolis digunakan lebah sebagai penambal sarang dan juga pelindung sarang lebah dari musuh atau bakteri serta jamur.

Propolis berasal dari bahasa Yunani (pro = sebelum, polis = kota = sistem pertahanan kota), karena dari air liur lebah, propolis dipercaya sebagai obat yang bisa digunakan untuk menaklukkan semua jenis penyakit.

Nah berikut, beberapa fungsi pengobatan meliputi menggunakan propolis:

1. Propolis sebagai antibiotik alami, antiviral dan sekaligus antifungal alami tanpa efek samping.
2. Propolis menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan bakteri, misalnya: thypus, diare/muntaber dan sebagainya. Dapat juga untuk bau ketiak yang sangat mengganggu, karena di dalam lipatan ketiak terdapat bakteri atau jamur yang menyebabkan bau.
3. Propolis menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan virus, misalnya demam berdarah, flu, TBC dan sebagainya.
4. Propolis menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan jamur, misalnya eksim, panu, keputihan, ketombe dan sebagainya.
5. Propolis sebagai Anti peradangan (infeksi dan luka), misalnya maag, luka luar, radang tenggorokan, sakit gigi, radang ginjal, luka bakar dan sebagainya.
6. Propolis sebagai anti kanker dan mutagenesis sel, misalnya kanker, tumor, mioma, kista dan sebagainya.
7. Propolis berfungsi untuk membersihkan pembulu darah dan detoksifikasi.
8. Propolis berfungsi sebagai pembuangan racun, misalnya asam urat, kolesterol, trigliserin, darah tinggi, jantung, stroke, diabetes mellitus, dan sebagainya.
9. Propolis juga penyembuh ajaib bagi penyakit seperti ateriosklerosis atau pengapuran pembuluh darah oleh lemak, berbagai infeksi, gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, penyakit syaraf, arthritis dan rematik.
10. Propolis sebagai penetral racun dalam tubuh dan sekaligus anti oksidan kuat.
11. Propolis meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

0 Response to "Manfaat Madu Propolis"

Post a Comment