Mendapat Madu Asli Dengan Ternak Sendiri

lebah-madu-trigona-lombok
Anda tau kan susahnya mendapatkan madu asli ? nah, sekarang ada yang baru, cara mendapatkan madu asli yang paling bertanggungjawab adalah dengan melakukan ternak sendiri.

Bagi anda yang lokasi rumahnya berada di pegunungan, beternak sendiri mungkin sangat gampang, tapi bagaimana dengan anda yang rumahnya misalnya di perkotaan, nah, solusinya anda tinggal pilih jenis lebah madu nya saja.

Untuk dikawasan pegunungan semua jenis madu bisa dipelihara, terkecuali madu jenis Apis Dorsata. Apis Dorsata memang jenis madu liar yang sulit di ternakkan. dan belum ada yang menemukan cara bagaimana menternakkannya.

Solusinya, ada jenis lebah madu yang bisa, yakni jenis melifera dan jenis madu apis cerana. kedua jenis lebah madu ini lumayan  jinak. beberapa peternak madu di kawasan bayan Lombok Utara memelihara lebah ini dengan cara menggantungkannya di seambi-serambi rumah.Madu jenis cerana khususnya, akan memilih sarang yang dekat dengan sarang sebelumnya. sehingga biasanya jika sudah terdapat 1 atau 2 kolono, maka madu cerana ini akan terus berkembang.

Selain itu, moel beternak amdu cerana juga bisa di lakukan dengan metode membuatkan kotak khsusus. dilombok belum saya temukan ini. Tapi yakin saya ada.

Beternak Madu Trigona






Nah, Madu Trigona ini madu jenis lebahnya yang barangkali paling jinak diantara lebah-lebah madu lainnya. Spesies madu mini ini sangat mudah dipelihara dan tidak harus di tempat-tempat khsusus dan tidak harus pula tersedia banyak sumber makanan.

Madu trigona inilah yang bisa di pelihara dimana saja, termasuk di perkotaan atau BTN. hanya saja, tentu madu trigona akan lebih pesat perkembangannya manakala di pelihara di tempat yang lebih banyak tumbuhan sebagai sumber makanan lebah.

Tetapi jangan khawatir, anda tinggal mengidentifikasi tumbuhan dan bunga apakah yang menjadi sumber makanan lebah trigona, dan anda tinggal menanamnya di sekitar rumah atau tempat anda pelihara. Pengalaman kami, bunga matahari dan tmbuhan keledre (Kaliandra) sangat cocok menjadi tumbuhan yang baik untuk leba jenis ini.

Nah, jika anda butuh koloni madu trigona untuk anda pelihara di rumah anda, silakan anda hubungi kami. Pengiriman hanya bisa kami penuhi untuk kawasan di sekitar Lombok saja. Untuk pengiriman keluar masih terkendala biaya.

Demikian sedikit tentang Mendapat Madu Asli Dengan Ternak Sendiri. Semoga ada manfaatnya.

0 Response to "Mendapat Madu Asli Dengan Ternak Sendiri"

Post a Comment