Lombok Mengembangakan Madu Lebah Trigona

lebah-trigona
Jika Masyarakat Sumbawa dikenal sangat produktif di memproduksi Madu Hutan atau Apis Dorsata, maka Lombok saat ini mulai dikenal dengan produksi Madu lebah Trigona. 

Madu Trigona adalah jenis lebah yang bisa dikatakan baru untuk dunia perlebahan modern. Padahal lebah trigona sebetulnya sudah begitu lama dikenal masyarakat lombok dan Nusa tenggara barat pada umumnya.

Lebah Trigona diketahui sebagai lebah penghasil Propolis paling produktif sejagad. Propolis adalah zat resin yang dikumpulkan oleh lebah madu dari sumber tumbuhan seperti aliran getah atau tunas pohon.

madu-lebah-trigonaPropolis datang dari bhs Yunani (pro = saat sebelum, polis = kota = system pertahanan kota). Ia mampu mengobati diabetes serta gangren, yang disebut penyakit tak dapat sembuh dengan cara medis, bahkan juga tanpa ada suntik insulin serta amputasi.

Pasien kanker stadium lanjut yang sudah divonis tak memliki harapan, dapat juga pulih dengan propolis. Semua type penyakit maut yang lain seperti stroke, sakit jantung, batu ginjal, tidak berhasil ginjal, hepatitis, serta bahkan juga AIDS juga mampu ia taklukkan.

Tidaklah heran kenapa propolis dapat memberi keajaiban sedemikian rupa yaitu lantaran kandungan anti-oksidan 1 tetes propolis = anti-oksidan 500 buah jeruk. Selain itu, propolis kaya asam amino, vitamin-vitamin, bioflavonoids.

Propolis juga sebagai penyembuhan alami, memiliki kandungan zat aktif yang berperan juga sebagai obat untuk beragam jenis penyakit. 

lebah-trigona-lombok
Oleh Trigona, propolis inilah yang digunakan sebagai pelindung sarang, itulah sebabnya kenapa di sebut Propolis, Pro - Polis (kota), sebuah sistem bertahan di dalam kota, mempeahankan sarang dan madu mereka.  Inilah juga yang oleh masyarakat sasak tempo dulu dibuat sebagai lem perekat kain tenun sasak (Songket) Tradisional.

Selain menghasilkan Propolis, lebah trigona juga menghasilkan madu walaupun tidak se produktif lebah spesies lainnya seperti Apis, Cerana atau Melifera. Sama seperti propolis yang banyak sekali manfaatnya, madu lebah trigona juga sangat banyak manfaatnya. Dari beberapa referensi kami temukan berikut minimal beberapa manfaat madu lebah trigona tersebut.

Manfaat penyembuhan mencakup beberapa hal seperti berikut :

  1. Lebah Trigona sebagai antibiotik alami, antiviral serta sekalian antifungal alami tanpa ada dampak samping.
  2. Mengobati penyakit yang terkait dengan bakteri, umpamanya : thypus, diare/muntaber dsb. Bisa pula untuk bau ketiak yang sangatlah mengganggu, lantaran didalam lipatan ketiak ada bakteri atau jamur yang mengakibatkan bau.
  3. Mengobati penyakit yang terkait dengan virus, umpamanya demam berdarah, flu, TBC dsb.
  4. Mengobati penyakit yang terkait dengan jamur, umpamanya eksim, panu, keputihan, ketombe dsb.
  5. Sebagai Anti peradangan (infeksi serta luka), umpamanya maag, luka luar, radang tenggorokan, sakit gigi, radang ginjal, luka bakar dsb.
  6. Sebagai anti kanker serta mutagenesis sel, umpamanya kanker, tumor, mioma, kista dsb.
  7. Berperan untuk bersihkan pembulu darah serta detoksifikasi.
  8. Berperan juga sebagai pembuangan toksin, umpamanya asam urat, cholesterol, trigliserin, darah tinggi, jantung, stroke, diabetes mellitus, 
  9. Penyembuh ajaib untuk penyakit seperti ateriosklerosis atau pengapuran pembuluh darah oleh lemak, beragam infeksi, masalah pencernaan, masalah pernafasan, penyakit syaraf, arthritis serta rematik.
  10. Sebagai penetral toksin pada badan serta sekalian anti oksidan 
  11. Meningkatkan system kekebalan badan

Demikian sedikit tetang Madu Trigona semoga bermanfaat