Madu Lombok dan Madu Sumbawa Apa bedanya

Madu Lombok dan Madu Sumbawa Apa bedanya? ini pertanyaan yang sering daya dapatkan dari para pelanggan madulombok.com.  Tapi sebelum menjawab pertanyaan ini, saya ingin mengucapkan terimakasih untuk Mbak Prima di Bekasi, Mas Jarwo di Bekasi, Mas Nanda di Jakarta dan Mas Arief di Tanggerang. Beberapa nama yang saya sebut adalah beberapa pelanggan madu saya yang sudah melakukan pemesanan berkali-kali. Makasih

Baiklah saya akan berikan sedikit jawaban atas pertanyaan Apa sih bedanya antara Madu Lombok dan Madu Sumbawa?

Secara subtansial antara kedua jenis madu tersebut. Antara Madu lombok (Berasal dari Hutan Lombok Utara dan Lombok Timur Belanting) dan Madu Sumbawa tidak jauh berbeda.  karena keduanya sama-sama dihasilkan dari Hutan dan di lakukan pemerasan secara tradisional.

Namun di beberapa keadaan, kadang Madu Asli Sumbawa terlihat lebih pekat daripada madu belanting khususnya, aroma madu sumbawa juga keseringan pekat dan agak asam.

Berbeda dengan Madu Asli  Lombok terutama yang dari belanting (karena sejak 3 bulan ini saya dapat pasokan dari sana) aromanya harum semerbak. Dan warnanya bening kekuning-kuningan.

Perbedaan dari segi harga, Harga Madu Sumbawa terbilang lebih murah dibandingkan madu lombok, barangkali penyebabnya, karena di Lombok jarang para petani atau para pemburu madu liar yang masuk hutan secara sengaja mengambil madu sebagai pekerjaan mereka sehari-hari. Sementara di Sumbawa, Bima dan Dompu kita banyak menemukan petani yang sudah menjadikan memburu madu hutan sebagai pekerjaan sehari-hari mereka.

Gak banyak memang pautan harga antara kedua asal madu tersebut., hanya sekiar 10 - 20 ribu saja. Misalnya madu hutan sumbawa saat ini berharga 170 tibu perbotol maka madu lombok biasanya antara 180 - 195 ribu perbotol.

Demikian sedikit jawaban saya atas pertanyaan Madu Lombok dan Madu Sumbawa Apa bedanya? semoga bermanfaat.

Untuk Pemesanan Madu silakan KLIK DISINI